Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Terapi Pengobatan Sakit Lehar –

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Sakit leher adalah keluhan yang sangat umum, mempengaruhi setidaknya 14% orang Amerika setiap tahunnya. Sakit leher atau leher kaku terkadang merupakan masalah mekanis, yang timbul dari postur tubuh yang buruk atau gerakan berulang. Dalam kasus lain, nyeri di bagian samping leher atau sakit kepala di leher dapat menandakan masalah yang lebih dalam pada struktur tulang belakang leher atau sistem kompleks saraf dan pembuluh darah yang melewati leher. TCM dan akupunktur telah terbukti efektif untuk mengobati segala jenis nyeri leher dan gangguan muskuloskeletal.

Karena ketegangan pada leher dapat berasal dari berbagai penyebab fisik dan perilaku, dokter seringkali kesulitan menentukan dengan tepat sumber spesifik dari sakit leher tersebut. Kebanyakan pengobatan konvensional untuk nyeri leher melibatkan resep obat pereda nyeri atau pelemas otot. Obat-obatan ini mungkin membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan, namun tidak mengatasi masalah yang mungkin berkembang di tulang belakang leher.

Anatomi Leher

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Leher adalah bagian dari deretan tulang belakang yang panjang dan fleksibel yang dikenal sebagai tulang belakang. Secara teknis disebut tulang belakang leher, leher terdiri dari tujuh tulang belakang yang diselingi cakram yang memberikan bantalan, menyerap guncangan, dan memberikan gerakan bebas. Setiap vertebra memiliki tabung berongga yang berisi sumsum tulang belakang dan kumpulan saraf yang membentang di sepanjang tulang belakang , menciptakan rangsangan dan sensasi di seluruh tubuh. Tulang belakang rangka kemudian ditopang oleh kompleks otot dan ligamen yang menempel pada tulang.

Di depan tulang belakang leher, leher juga menampung kerongkongan, trakea (batang tenggorokan), kelenjar tiroid, dan banyak pembuluh darah. Struktur leher yang relatif sempit menopang kepala, yang beratnya rata-rata sekitar sebelas pon. Lehernya merupakan desain yang luar biasa halus dengan beban berat yang harus dibawa, hari demi hari.

Penyebab Sakit Leher

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Meskipun nyeri leher merupakan keluhan yang umum, seringkali sangat sulit bagi dokter untuk mendiagnosis penyebab spesifik nyeri leher. Bahkan teknik dan peralatan pengujian diagnostik modern yang canggih pun tidak serta merta mengungkapkan secara pasti apa yang menyebabkan sensasi nyeri tersebut. Penyebab nyeri leher antara lain:

  • Sikap
  • Posisi tidur
  • Gerakan yang berlebihan/berulang-ulang
  • Trauma dari Cedera
  • Penyakit Cakram Degeneratif Serviks
  • Diskus Herniasi Serviks
  • Spondilolistesis
  • Osteoartritis Serviks
  • Radikulopati Serviks
  • Menekankan
  • Sindrom nyeri myofascial
  • Fibromialgia

Dalam beberapa kasus, nyeri leher disebabkan oleh ketegangan atau ketegangan pada jaringan lunak (otot dan ligamen) di dalam atau di sekitar leher. Jenis nyeri muskuloskeletal ini mungkin berasal dari posisi leher saat bekerja atau tidur atau karena cedera mendadak pada jaringan. Stres kronis yang menimbulkan penumpukan ketegangan pada jaringan juga dapat menyebabkan kejang leher. Tortikolis mengacu pada fenomena bangun tidur dengan leher kaku yang terasa seperti diputar ke satu sisi. Jenis nyeri leher ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu tanpa perawatan medis, namun dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan hilangnya mobilitas.

Sakit kepala di dasar tengkorak, terkadang disebut “sakit kepala leher”, atau sakit kepala cervicogenik, adalah gangguan sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh masalah pada satu atau lebih sendi leher. Para peneliti percaya bahwa hingga 20% sakit kepala sebenarnya disebabkan oleh masalah pada tulang belakang leher, biasanya salah satu dari tiga sendi leher teratas: sendi Atlanto-oksipital (O-C1), sendi Atlanto-aksial (C1/2), dan sendi Atlanto-aksial (C1/2) . atau sendi tulang belakang leher C2/3.

Nyeri tajam di sekitar bagian belakang kepala dan leher juga bisa disebabkan oleh saraf yang teriritasi atau terjepit. Kadang-kadang kelainan bentuk tulang pada salah satu tulang belakang, atau penonjolan cakram dapat memberi tekanan pada kumpulan saraf dan menyebabkan nyeri leher dan bahu yang menjalar .

Kondisi degeneratif yang mempengaruhi tulang belakang dan tulang rawan dapat menyebabkan nyeri leher yang parah dan/atau kronis (berlangsung lebih dari tiga bulan). Untuk pasien dengan nyeri leher kronis, dokter biasanya meresepkan obat pereda nyeri atau pelemas otot dan mungkin merujuk pasien ke terapi fisik (PT). Obat-obatan mungkin meringankan gejala nyeri atau tidak, dan tergantung pada situasinya, PT mungkin mengatasi akar penyebab masalahnya atau tidak. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang menderita nyeri leher akut atau nyeri leher kronis beralih ke penyedia layanan alternatif untuk mendapatkan bantuan. Akupunktur telah terbukti membantu meredakan nyeri dan memulihkan gerakan hanya dalam satu kali perawatan.

TCM dan Akupunktur untuk Sakit Leher

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Saat Anda berkonsultasi dengan penyedia akupunktur mengenai nyeri leher , dia akan mencatat riwayat terperinci dan membuat diagnosis yang sangat spesifik berdasarkan rentang gejala yang Anda alami, serta keadaan dasar Anda. Bahkan masalah mekanis yang berkaitan dengan sistem muskuloskeletal tubuh dipandang sebagai manifestasi patogen baik dari sumber internal maupun eksternal.

Menurut TCM, Sindrom Bi menghambat aliran Qi (energi kekuatan hidup) dan darah ke seluruh tubuh. Sindrom Bi sesuai dengan apa yang oleh pengobatan konvensional disebut sebagai gangguan reumatologis. Rematik, artritis reumatoid, osteoartritis, dan fibrositis termasuk dalam kategori ini, dan semuanya dapat menjadi penyebab utama leher kaku, nyeri leher, dan pembengkakan pada sendi leher rahim. 

Sindrom Bi dianggap disebabkan oleh patogen Panas, Angin, Kelembapan dan/atau Panas. Dalam beberapa kasus, faktor patogenik berasal dari sumber internal; di tempat lain, dari sumber eksternal. Bi Syndrome menyebabkan penyumbatan pada jalur di dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa sakit. Sindrom Bi yang berbeda akan bermanifestasi sebagai sensasi nyeri, nyeri, bengkak, mati rasa, atau terbakar. Terkadang gejala ini muncul terutama di area leher. TCM mengobati Sindrom Bi melalui akupunktur dan herbal dengan tujuan menggerakkan darah dan menyeimbangkan Qi, menghilangkan angin, dan menghilangkan kelembapan.

Akupunktur untuk Cedera Leher Whiplash

Terapi Pengobatan Sakit Lehar

Ketika terjadi kecelakaan seperti tabrakan mobil, benda dan tubuh bertabrakan dengan kekuatan dan kecepatan yang besar, kepala dan leher bergoyang ke depan, lalu tersentak ke belakang. Bahkan kejatuhan kecil atau “fender bender” dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang. Cedera jaringan lunak yang sering disebut “whiplash” sebenarnya bisa menjadi simfoni masalah yang menyakitkan: patah tulang belakang, herniasi cakram tulang belakang, robeknya ligamen, ketegangan otot dan tendon. Gejala lain yang timbul akibat kerusakan saraf dan hilangnya mobilitas: kaku, keterbatasan gerak, sakit kepala, mati rasa, kesemutan, serta masalah emosi simpatik.

Trauma bahkan akibat cedera “kecil” yang tiba-tiba dapat menyebabkan stagnasi darah— “energi tersangkut” di dalam tubuh. X-ray atau MRI mungkin tidak menunjukkan hal ini, tetapi Anda dapat merasakan efeknya: mungkin kelelahan, kepala berkabut, sakit kepala, pusing, dan bahkan depresi jangka panjang.

Akupunktur adalah cara alami dan sangat efektif untuk mengobati semua jenis cedera. Akupunktur akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan jaringan, sekaligus membuka penyumbatan Qi dan darah serta meregenerasi energi sehingga tubuh dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Manajemen Nyeri Komprehensif dengan Akupunktur dan TCM

Akupunktur membantu cedera akut dan kronis . Semakin cepat Anda memulai perawatan setelah kecelakaan, semakin baik pemulihan Anda. Namun, bahkan mereka yang menderita akibat cedera lama pun bisa mendapatkan manfaat dari pengobatan. 

Perawatan akupunktur tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan, namun juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan sehingga Anda memiliki kekuatan untuk menyembuhkan.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan herbal, perubahan pola makan, peregangan, dan latihan lain yang dapat digunakan bersamaan dengan pengobatan akupunktur. 

Terapi tambahan ini membantu Anda mendapatkan kembali kesehatan dan mencegah masalah di masa depan. Dengan bekerja sama dengan ahli akupunktur , Anda dapat mengatasi nyeri leher yang Anda alami dan menciptakan kesehatan yang lebih optimal.

Terapi Akupunktur Klinik Izary

Booking Mudah via Call/Whatsapp.

Hanya dengan menghubungi Customer Service Kami dan Request Jadwal Terapi, Terapis Kami Akan langsung Menyiapkan Waktu Untuk Anda.

Mohon Maaf, Karena Tingginya Permintaan Jasa Pengobatan Terapi Akupunktur, Bagi Anda Yang Tertarik Dengan Pelayanan Kami, Harap Booking H-3, Agar Kami Dapat Mengatur Waktu Jadwal Terapi Untuk Anda..

Table of Contents